Perlancar Ibadah Ramadhan, Ini Aplikasi Al Quran

Foto: Al Quran Indonesia

KBRN, Jakarta: Bulan Ramdhan akan segera tiba. Bulan tersebut erat kaitannya dengan memperbanyak ibadah, salah satunya mengaji. 

Adapun deretan aplikasi Al Quran di ponsel yang akan membantu Anda memperlancar ibadah;

1. Al Quran Indonesia 

Aplikasi besutan developer Andi Unpam ini menghadirkan Al Quran terjemahan bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah, atau 30 juz.

Aplikasi Al Quran Indonesia terbilang cukup kaya fitur, seperti opsi membaca al Quran dalam mode landscape atau portrait, mode malam, tajwid berwarna, fungsi menyalin, membagikan dan bookmark ayat Al Quran, serta backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke cloud.

Ada juga fitur pelengkap seperti jadwal sholat, imsakiyah, arah kiblat dan kalender hijriah. Semua fitur ini bisa diakses secara offline dan gratis.

2. Quran Best

Quran Best adalah aplikasi Al Quran lainnya buatan muslim Indonesia. Aplikasi ini dirancang agar semirip mungkin dengan Al Quran cetak sehingga lebih nyaman saat dibaca.

Fitur Al Quran yang tersedia terbilang cukup lengkap, mulai dari terjemahan dan tafsir, pencarian ayat berdasarkan kata kunci, bookmark, mode malam, dan murottal 30 juz dari para qori terbaik.

Quran Best juga memiliki fitur pendukung untuk membantu beribadah selama bulan Ramadhan seperti pencatat jumlah lembar tilawah, jadwal sholat dan azan, podcast Islami, Group Ngaji lewat fitur chat, dan pencari masjid terdekat.

3. Quran for Android 

Quran for Android termasuk salah satu aplikasi Al Quran terbaik yang ada di Play Store. Aplikasi buatan pengembang Quran.com ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Agar tetap nyaman mengaji di malam hari, Quran for Android memiliki fitur mode malam. Fitur lain yang ditawarkan antara lain terjemahan hingga 20 bahasa, pemutaran audio, bookmark, menandai dan membagikan ayat.

4. Al'Quran Bahasa Indonesia

Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membaca Al Quran dalam bahasa Indonesia. Untuk membantu membaca dengan lebih mudah, Al'Quran Bahasa Indonesia memiliki fitur warna tajwid.

Untuk pengguna versi gratis, fitur warna tajwid ini hanya tersedia di dua surat pertama. Untuk mengakses fitur tersebut secara penuh, Anda harus upgrade ke fitur advanced.

5. Al-Quran (Tafsir & by Word)

Al-Quran (Tafsir & by Word) yang menyediakan tafsir dan terjemahan ke dalam lebih dari 35 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk membaca Al Quran tanpa ada fitur ibadah lainnya, tapi fitur Al Quran yang ditawarkan terbilang cukup lengkap.

Al-Quran (Tafsir & by Word) memiliki fitur pemutaran mp3 untuk 30 juz atau 114 surah dari 30 qori. Sistem audionya pun cukup lengkap dengan fitur repeat dan group playback yang memudahkan pengguna untuk menghapal Al Quran.

Selain itu ada sederet fitur pendukung seperti tajwid berwarna untuk memandu mengaji, fitur zoom untuk memperbesar tampilan, fitur scrolling otomatis, serta menyalin dan membagikan ayat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00