Teleskop Hubble Menangkap Foto Galaksi Tengah Sekarat

(Space.com)

KBRN, Washington: Sebuah foto yang diunggah dari Teleskop Luar Angkasa Hubble menangkap gambaran galaksi yang tengah sekarat.

Dikenal sebagai NGC 1947, galaksi tersebut ditemukan hampir 200 tahun yang lalu oleh astronom kelahiran Skotlandia, James Dunlop, yang menemukannya saat mempelajari langit malam di Australia.

Galaksi itu hanya dapat dilihat dari belahan bumi selatan, di konstelasi Dorado, lumba-lumba. Ini adalah galaksi lentikular, artinya bentuk aslinya berada di antara galaksi spiral dan galaksi elips, seperti dikutip dari Space.com, Senin (12/4/2021).

Selama 200 tahun terakhir, NGC 1947 telah kehilangan sebagian besar material yang membentuk lengan spiral khasnya, yang digunakan untuk mengorbit di sekitar pusatnya, kata astronom Hubble dalam pernyataan NASA.

Kita masih bisa melihat apa yang tersisa dari strukturnya berkat cahaya latar dari jutaan bintang. Dalam gambar baru Hubble, benang samar dari sisa gas dan debu masih bisa dibuat.

Karena galaksi kehilangan sebagian besar bahan pembentuk bintangnya, tidak mungkin untuk membuat bintang baru, menurut astronom Hubble. Ketika awan padat gas dan debu runtuh di bawah tekanan gravitasi, awan menciptakan piringan material yang memicu pertumbuhan bintang baru. Tanpa cukup gas dan debu untuk membentuk awan tebal tersebut, NGC 1947 akan terus memudar seiring berjalannya waktu.

NASA mengirim gambar dari Hubble ini setelah kesalahan pada perangkat lunak teleskop secara tak terduga yang menghentikan operasi sains pada 7 Maret. Teleskop kembali online dan memulai kembali melakukan pengamatan pada 11 Maret.