FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Keefektifan Moderna Turun Jadi 90 Persen

(Medical Xpress)

KBRN, Massachusetts: Perusahaan bioteknologi AS Moderna mengumumkan bahwa vaksin COVID-nya 90 persen efektif melawan semua penularan dan 95 persen efektif melawan penyakit parah.

Hasil baru ini berasal dari uji klinis Fase 3 yang sedang berlangsung yang melibatkan lebih dari 30.000 orang di seluruh Amerika Serikat, dan angka kemanjuran sedikit menurun dari angka sebelumnya, 94,1 persen, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada bulan Desember.

Jumlah baru berdasarkan 900 kasus yang diputuskan COVID dari studi per 9 April, sedangkan sebelumnya berdasarkan 185 kasus.

Siaran pers perusahaan tidak menunjukkan mengapa kemanjuran menurun, tetapi salah satu alasannya mungkin munculnya varian baru yang mengkhawatirkan yang tidak rentan terhadap antibodi yang ditimbulkan oleh vaksin, seperti dikutip dari Medical Xpress, Kamis (15/4/2021).

Moderna sedang mengerjakan dua penguat khusus varian, dan mengatakan penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mereka menimbulkan peningkatan respons kekebalan. Hasil penelitian tersebut telah diungkap secara online dalam sebuah makalah ilmiah yang kini sedang menunggu tinjauan sejawat.

"Data praklinis baru tentang kandidat vaksin khusus varian kami memberi kami keyakinan bahwa kami dapat secara proaktif menangani varian yang muncul," kata CEO Stephane Bancel.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa hingga 12 April, telah mengirimkan 132 juta dosis vaksinnya secara global, termasuk sekitar 117 juta dosis ke Amerika Serikat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00