Helikopter NASA Berhasil Tes Terbang di Mars

(NASA TV)
(NASA TV)

KBRN, California: Tepukan tangan bergemuruh di tengah riuh teriakan gembira, saat helikopter mini milik NASA, Ingenuity, akhirnya berhasil melakukan uji terbang singkat di daratan Mars pada Senin (19/4/2021).

Lepas landas helikopter Ingenuity NASA di Planet Merah menandai dimulainya eksplorasi udara Mars, yang melakukan penerbangan bertenaga pertama di dunia di luar Bumi.

Helikopter seberat 1,8 kilogram lepas landas dari lantai Kawah Jezero Mars pada pukul 12.31 EDT (0431 GMT), naik maksimal 3 meter di atas tanah merah dan mendarat kembali setelah sekitar 40 detik, seperti dikutip dari Live Science, Selasa (20/4/2021).

Sekitar pukul 6.15 pagi EDT (1015 GMT), data turun dari Ingenuity - melalui mitranya yang jauh lebih besar, penjelajah Perseverance NASA - bahwa helikopter kecil itu telah mencapai sasarannya. Foto pertama dari Ingenuity menunjukkan bayangan helikopter di permukaan Mars di bawahnya, sementara penjelajah Perseverance merekam video menakjubkan dari penerbangan bersejarah di Mars.

"Ingenuity telah melakukan penerbangan pertamanya, penerbangan pertama dari pesawat bertenaga di planet lain!" Kepala pilot Ingenuity Håvard Grip mengatakan saat dia mengonfirmasi telemetri di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

Singkatnya penerbangan hari ini, yang mungkin mengubah permainan, membuka jalan bagi eksplorasi ekstensif oleh pesawat Mars di jalan. Berkat karya terobosan Ingenuity, misi Planet Merah di masa depan dapat mencakup helikopter sebagai pengintai penjelajah atau pengumpul data dengan hak mereka sendiri, kata pejabat NASA.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00