Tiga Satelit Yaogan Kembali Diluncurkan China 

Ilustrasi Roket China (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Tiga satelit Yaogan-30 kembali diluncurkan oleh China untuk bergabung dengan tujuh kelompok sebelumnya yang ada di orbit dan diluncurkan sejak 2017.

Melansir dari Kumparan, Sabtu (15/5/2021) Pemerintah Xinhua nantinya akan menggunakan satelit tersebut untuk melakukan survei lingkungan elektromagnetik dan uji teknologi.

Namun terkait peluncurannya sama dengan negara lainnya yakni tidak ada video atau gambar secara detail. Hal tersebut dilakukan karena Satelit seri Yaogan sendiri diartikan oleh analis barat sebagai satelit pengintai militer China.

Bahkan, sebuah laporan dari Institute of Microsatellite Innovation of the Chinese Academy of Sciences (CAS) menyatakan bahwa satelit Yaogan-30 memiliki mode operasi jaringan multi-satelit baru, terutama digunakan untuk survei lingkungan elektromagnetik dan uji teknis terkait.

Selain itu, usia dan keandalan satelit juga diklaim lebih mumpuni dan canggih ketimbang satelit sebelumnya. Dalam peluncuran itu, terdapat pula Tianqi-12, satelit kecil untuk konektivitas data Internet of Things (loT) bagi perusahaan komersial yang berbasis di Beijing Guodian Gaoke.

Misi Yaohan-30 didahului oleh peluncuran satelit Yaogan-34 Long March 4C pada 30 April 2021 pukul 3.27 waktu setempat. Roket Long March 4C lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi di barat laut China, menempati orbit setinggi 1.100 kilometer.

Menurut Xinhua, Yaogan-34 dicitrakan sebagai satelit penginderaan jauh untuk survei sumber daya alam, perencanaan dan tata kelola kota, estimasi hasil panen serta pencegahan dan pengurangan bencana. Ia juga memberikan layanan informasi untuk pembangunan Belt and Road Initiative, strategi pembangunan infrastruktur regional dan global China.

Maka dari itu, ini menjadi peluncuran satelit ke 13 China dan mereka menargetkan untuk meluncurkan 40 satelit tahun ini. Di bulan Mei 2021, mereka menargetkan peluncuran kargo Tianzhou-2 dan pesawat ruang angkasa pengisi bahan bakar ke stasiun luar angkasa Tianhe yang baru-baru ini diluncurkan oleh Long March 5B.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00