Anak Bilingual Memiliki Kemampuan Berpikir Lebih Efisien

(Ilustrasi)

KBRN, Wales: Para peneliti menggunakan cara-cara inovatif untuk menguji keterampilan berpikir pada anak-anak bilingual Yunani-Inggris usia sekolah di Inggris dan menemukan keterampilan berpikir yang lebih unggul dibandingkan dengan anak-anak yang hanya berbicara satu bahasa.

Temuan menunjukkan bahwa anak-anak bilingual rata-rata 6,5% lebih efisien dalam keterampilan berpikir mereka daripada anak-anak monolingual.

Athanasia Papastergiou, Dosen di departemen Linguistik Universitas Bangor dan penulis utama publikasi tersebut, mengatakan, "Sangat menarik untuk mengembangkan pendekatan baru ini untuk mempelajari anak-anak bilingual. Saya berharap hasil positif ini akan membantu menghilangkan segala kemungkinan ketakutan tentang membesarkan anak-anak secara bilingual dan menyoroti manfaat dari melakukannya."

Tim peneliti, bekerjasama dengan Dr. Vasileios Pappas dari Kent Business School, University of Kent, mencapai terobosannya dengan mengadaptasi metodologi dari bidang ekonomi ke kajian bilingualisme. Proyek ini menganalisis data dari anak-anak yang dididik melalui media bahasa Yunani dan Inggris di sekolah-sekolah Inggris, dibandingkan dengan anak-anak monolingual, seperti dikutip dari situs Bangor University, Rabu (15/9/2021).

Eirini Sanoudaki, Dosen Senior Linguistik dan akademisi senior dalam proyek tersebut, menjelaskan, "Ada keuntungan yang jelas untuk dapat berkomunikasi dalam lebih dari satu bahasa; temuan kami menunjukkan bahwa belajar dua bahasa dapat memiliki lebih banyak manfaat untuk perkembangan anak-anak. Kami meminta anak-anak, misalnya, untuk mengingat dan mengulang angka sebanyak yang mereka bisa, mengabaikan informasi yang tidak relevan, dan dengan cepat beralih di antara tugas-tugas yang berbeda: anak-anak bilingual secara keseluruhan lebih baik daripada anak-anak monolingual. Hasil ini penting bagi kami di sini di Wales dan tentunya untuk komunitas bilingual di seluruh dunia."

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00