19 Planet Tersembunyi Terungkap oleh Auroranya

(EarthSky)

KBRN, Leiden: Para astronom mengatakan mereka yakin telah mendeteksi 19 exoplanet tersembunyi, atau planet yang mengorbit bintang jauh pada Minggu (11/10/2021). Mereka menemukan kandidat exoplanet ini melalui interaksi planet dengan bintang induknya, yang merupakan bintang kerdil merah kecil dan redup.

Joseph Callingham dari Universitas Leiden yang memimpin penelitian baru ini mengatakan, "Kita telah lama mengetahui bahwa planet-planet di tata surya kita memancarkan gelombang radio yang kuat saat medan magnetnya berinteraksi dengan angin matahari. Proses yang sama ini mendorong aurora indah yang kita lihat di kutub Bumi."

Demikian juga, para ilmuwan ini percaya, bintang kerdil merah yang mereka pelajari mendorong koneksi magnetik, dan berikutnya aurora, di 19 planet yang sebelumnya tidak diketahui.

Proses tersebut menghasilkan gelombang radio, yang dideteksi oleh para ilmuwan ini menggunakan Teleskop Low Frequency Array (LOFAR) di Belanda. Jurnal peer-review Nature menerbitkan studi mereka pada 11 Oktober 2021. Selain itu, makalah kedua dari para ilmuwan ini muncul pada 11 Oktober di Astrophysical Journal Letters, seperti dikutip dari EarthSky, Rabu (14/10/2021).

Para astronom pertama kali mengira mereka telah mendeteksi sebuah planet melalui gelombang radionya pada tahun 2020. Ia diperkirakan mengorbit sebuah bintang bernama GJ1151. Mereka percaya bahwa sinyal radio yang mereka deteksi terjadi dengan cara yang sama seperti Bumi dan Jupiter memancarkan gelombang radio karena interaksi medan magnet mereka dengan angin matahari. Dan kini mereka memiliki kandidat lebih banyak untuk diselidiki.

Rekan penulis Harish Vedantham dari Institut Belanda untuk Radio Astronomi (Astronomi) menjelaskan bahwa mereka menyimpulkan keberadaan planet-planet tersembunyi dari pemahaman bagaimana planet-planet di tata surya kita menciptakan gelombang radio.

"Bumi kita sendiri memiliki aurora, yang umumnya dikenal di sini sebagai cahaya utara dan selatan. Aurora yang indah ini juga memancarkan gelombang radio yang kuat. Ini dari interaksi medan magnet planet dengan angin matahari," kata Vedantham.

"Tetapi dalam kasus aurora dari Jupiter, mereka jauh lebih kuat, karena bulan vulkanik Io meledakkan material ke luar angkasa, mengisi lingkungan Jupiter dengan partikel yang mendorong aurora yang sangat kuat."

"Model kami untuk cahaya radio dari bintang-bintang kami ini adalah versi Jupiter dan Io yang diperbesar, dengan sebuah planet ekstrasurya yang diselimuti medan magnet bintang, memasukkan material ke dalam arus besar yang juga memberi daya pada aurora terang pada bintang itu sendiri. Ini adalah tontonan yang telah menarik perhatian kita dari jarak beberapa tahun cahaya.

Langkah selanjutnya bagi para ilmuwan ini adalah mengonfirmasi keberadaan planet yang dicurigai. Untuk melakukan ini, mereka akan melakukan pengamatan optik bersama dengan mencari periodisitas dalam sinyal radio.

"Lampu radio akan hidup dan mati seperti mercusuar, dan kami berharap dapat melihat periodisitas itu dalam data LOFAR baru," kata Callingham.