Kominfo Buat Aplikasi Super, Integrasikan Puluhan Ribu Aplikasi

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (Foto: RRI/Saviera Amalia)

KBRN, Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan saat ini Pemerintah tengah menyiapkan aplikasi super atau Super Apps. Aplikasi ini untuk mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang telah ada, baik oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Setidaknya, terdapat 24.700 aplikasi milik pemerintah yang akan digabungkan dalam Super Apps secara bertahap. Nantinya aplikasi-aplikasi tersebut akan dikelompokkan berdasarkan klaster.

"Ini sedang kita siapkan. Dengan demikian, nanti mungkin dari 24.700 aplikasi itu tinggal 8 atau 9 aplikasi yang terintegrasi dalam satu aplikasi. Ini sedang kami siapkan ya, tergantung juga keuangan negara," ujar Johnny saat ditemui RRI di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Johnny mengatakan banyak aplikasi tersebut tidak efisien, sehingga perlu disatukan agar lebih mudah digunakan. Namun, beberapa aplikasi Pemerintah yang terbilang besar dan berfungsi dengan baik tidak akan dilakukan perombakan. Misalnya aplikasi keuangan di Kementerian Keuangan ataupun Kementerian Kesehatan.

"Sedangkan aplikasi lain yang kecil di pemerintah daerah itu, nanti tinggal mengakses di Super Apps, dari situ nanti diatur," kata Johnny.

Menteri Kominfo belum menyebutkan kapan target aplikasi Super Apps selesai. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar