Hujan Meteor Perseid Bisa Disaksikan dari Indonesia

Ilustrasi: Langit malam, di mana meteor Perseid akan muncul dan dapat disaksikan, meski akan ada cahaya bulan cukup terang. (tangkapan layar Stellarium)

KBRN, Jakarta: Fenomena alam hujan meteor perseid akan mencapai puncaknya pada Minggu (14/8/2022). Hal itu disampaikan Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang. 

Menurut Andi hujan meteor perseid dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada pukul 23.00 WIB di Sabang dan daerah yang selintang. Kemudian pada 01.00 WITA malam di Pulau Rote atau yang selintang hingga 25 menit sebelum matahari terbit.

"Jadi seperti hujan meteor pada umumnya, meteor akan terlihat dengan jumlah yang cukup banyak tiap jamnya," kata Andi dalam diskusi dengan PRO 3 RRI. 

Di langit Indonesia hujan meteor ini akan memiliki intensitas antara 36-61 meteor per jam. Mengingat ketinggian maksimum titik radian Perseid antara 21-38 derajat di atas ufuk.

Hujan meteor perseid merupakan hujan meteor yang titik radiannya berada di konstelasi Perseus. Perseid bersumber dari sisa debu komet 109P/Swifts-Tuttle.

Hujan meteor Perseid ini dapat melesat hingga kecepatan 212.400 kilometer per jam.

"Karena titik kemunculan meteor ini terbit di saat bulan mencapai titik tertingginya," ucap Andi."Untuk Jakarta sendiri intensitasnya 45 meteor per jam, dengan catatan langit harus bersih, dan bebas dari penghalang." 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar